Dalam menghitung kerugian biaya PONC dalam gugus kendali mutu sering kali terjadi kebingungan terutama Gugus yang dilatar belakangi pekerjaan non manufacturing.
Berikut macam macam kategori biaya kualitas:
1. Internal Failure Costs / biaya kegagalan internal
- Biaya yang berhubungan dengan kesalahan yang ditemukan sebelum menyerahkan produk ke pelanggan.biaya ini tidak akan muncul jika tidak diketemukan kesalahan sebelum pengiriman.
Contoh :
a. Scrap :
biaya yang dikeluarkan untuk tenaga kerja,material,dan biasanya overhead pada produk cacat yang secara ekonomis tidak dapat diperbaiki lagi.
b. Rework / pekerjaan Ulang :
biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki kesalahan agar produk memenuhi spesifikasi yang ditentukan.
c. Failure Analysis / analisa kegagalan :
biaya yang dikeluarkan untuk menganalisa kegagalan produk untuk menentukan penyebab penyebab kegagalan.
d. Reinspection and retesting / inspeksi ulang dan pengujian ulang : biaya yang dikeluarkan untuk inspeksi ulang dan pengujian ulang produk yang telah mengalami pengerjaan ulang atau perbaikan kembali.
e. Downgrading / Spec Produk turun :
biaya yang bisa dihitung dari selisih harga jual normal dan harga yang dikurangi dengan alasan kualitas.
f. Avoidable Process Losses /biaya biaya kehilangan :
Misalnya : bobot produk berlebih atau atas standard dengan jumlah yang banyak.
2. Eksternal Failure Costs / Biaya kegagalan Eksternal :
- Biaya yang berhubungan dengan kesalahan yang ditemukan setelah produk itu diserahkan ke pelanggan.biaya ini tidak akan muncul apabila tidak ditemukan kesalahan setelah pengiriman.
a. Warranty / jaminan :
Biaya yang dikeluarkan untuk penggantian atau perbaikan kembali produk yang masih berada dalam masa jaminan.
b. Complaint Adjusment / penyelesaian keluhan :
Biaya yang dikeluarkan untuk penyelidikan dan penyelesaian keluhan yang berkaitan demgan produk cacat.
c. Returned Product / produk dikembalikan :
Biaya yang berkaitan dengan penerimaan dan penempatan produk cacat yang dikembalikan pelanggan.
d. Allowances / tunjangan :
Biaya yang berkaitan dengan kesepakatan pada pelanggan karena produk yang berada dibawah standar kualitas yang sedang diterima pelanggan.
3. Appraisal costs / biaya penilaian :
- Biaya yang berkaitan dengan penentuan derajat konformansi terhadap persyaratan kualitas yang disyaratkan.
a. Inspeksi dan pengujian kedatangan material:
Biaya yang berkaitan dengan penentuan kualitas material yang dibeli
Misalnya : mengirim mekanik untuk check pesanan mesin di bengkel luar.
b. Inspeksi dan pengujian produk dalam proses :
Biaya yang berkaitan dengan evaluasi konformansi produk dalam proses terhadap persyaratan kualitas yang ditetapkan.
c. Inspeksi dan pengujian produk akhir :
Biaya yang berkaitan dengan evaluasi konformansi produk akhir terhadap persyaratan kualitas yang diharapkan.
d. Audit kualitas produk:
Biaya untuk melakukan audit kualitas produk dalam proses atau produk akhir.
e. Pemeliharaan akurasi peralatan pengujian :
Biaya dalam melakukan kalibrasi untuk mempertahankan akurasi instrument pengukuran dan peralatan.
f. Evaluasi Stock / safelife :
Biaya yang berkaitan dengan pengujian produk dalam penyimpanan untuk menilai degradasi kualitas
4. Prevention Costs / biaya pencegahan
- Biaya yang berhubungan dengan upaya pencegahan terjadinya kegagalan internal maupun eksternal sehingga meminimalkan biaya kegagalan internal maupun eksternal.contoh biaya pencegahan :
a. Perencanaan kualitas
Biaya yang berkaitan dengan aktivitas perencanaan kualitas secara keseluruhan ,termasuk penyiapan prosedur yang diperlukan untuk mensosialisasikan ke seluruh pihak yang berkepentingan.
b. New Product review / tinjau ulang produk baru
Biaya yang berkaitan dengan rekayasa keandalan dan aktivitas lain yang terkait dengan kualitas yang berhubungan dengan pemberitahuan produk baru.
c. Pengendalian Proses :
Biaya inspeksi dan pengujian proses untuk menentukan status proses ( kapabilitas proses ) bukan status produk.
d. Audit Kualitas :
Biaya yang berkaitan dengan evaluasi pelaksanaan aktivitas dalam rencana kualitas secara keseluruhan.
e. Evaluasi Kualitas Pemasok :
Biaya yang berkaitan dengan evaluasi terhadap pemasok sebelum pemilihan pemasok ( penawaran )audit terhadap aktivitas selama kontrak dan aktivitas lain yang berkaitan dengan pemasok
f. Pelatihan :
Biaya yang berkaitan dengan penyiapan dan pelaksanaan program pelatihan yang berkaitan dengan program reduksi biaya terus menerus melalui perbaikan kualitas.
Referensi : “continous cost reduction” by Vincent Gaspersz
Tidak ada komentar:
Posting Komentar